Bursa Inovasi Desa


Aplikasi Sistem Tata Kelola Untuk Pamsimas Versi 1.0

Putatgede - Akhir-akhir ini banyak sekali Program Bantuan Pemerintah Pusat hingga Daerah untuk PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat). Namun pengelolaan administrasi hingga kini masih banyak sekali yang menggunakan manual excel.

Dari keluhan dari teman-teman beberapa desa, akhirnya saya berusaha untuk membuat sebuah aplikasi Tata Keloloanya. Walaupun masih menggunakan excel, namun masih dirasa familiar bagi user (pengguna yang masih awam). Aplikasi Pamsimas ini adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat pelanggan (pemakai), Pemakaian kubikasi perbulan, pembayaran, hingga laporan-laporan lain bahkan pembukuan untuk bank telah saya tambahkan.

Aplikasi ini bisa memuat hingga pelanggan maksimal 15.000 orang, yang bisa dikelola secara mandiri maupun secara berkelompok, karena sudah kami sediakan untuk penambahan usernya. Aplikasi ini dibuat untuk sebuah inovasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan perangkat desa atau masyarakat dalam melakukan manajemen PAMSIMAS di desa.

Link Download saya cantumkan di akhir bahasan, atau klik DISINI

Berikut gambaran dan Penggunaan Aplikasi Sistem Tata Kelola Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat.

1. Menu Utama, adalah sebagai ruang masuk sebuah aplikasi, yang dilanjutkan diperkuat dengan security LOG MASUK.

2. Klik Start untuk menampilkan menu seutuhnya, atau bisa juga dengan memilih (meng-Klik) gambar-gambar yang ada di atas tombol Start.

3. Sub Menu didalam Menu Start seperti gambar dibawah

Form Login

Form Untuk Tambah Username dan Password sebagai Security tambahan.

 

4. Username dan Password sudah disediakan, Anda juga bisa menambahkan, mengubah, menghapusnya.

5. Setelah login secara otomatis excel database aktif terbuka, namun perlu diingat karena aplikasi ini berbasis Macro VBA, aktifkan dulu jika Macro VBA nya belum aktif jika muncul pesan seperti berikut :

6. Klik Enable Content. 

7. Jika macro excel sudah aktif, pesan tersebut tidak akan muncul. Aplikasi bisa dilanjutkan dengan memilih menu-menu lain.

8. Menu Utama Aplikasi sebagai berikut :

9. Form Setting Profil Kelompok / CV Pamsimas bisa juga diubah sesuai kebutuhan.

10. Menu Form Input Pelanggan dan Input Penggunaan Kubikasi Air yang dipakai pelanggan setiap bisa.

11. Form Pembayaran Pelanggan Pemakai Air.

12. Daftar Database Pelanggan akan menampung hingga mencapai 15.000 orang atau pelanggan.

13. Hingga Form-form yang lain, yang belum bisa saya tampilkan disini, untuk lebih jelasnya bisa DOWNLOAD sendiri. yang nantinya akan tahu seperti apa aplikasi ini bila dijalankan.

 

Klik Dibawah untuk Download Aplikasi

DOWNLOAD

 

Ayo..., mulai mengoptimalkan teknologi untuk mempermudah kegiatan manajemen PAMSIMAS di desa kita masing-masing. Maju terus Desa di Indonesia !

 


Di postkan pada 2020-04-16 00:18:04 | Artikel Dikunjungi : 828x