Detail Bursa Inovasi Putatgede

Video Profil Desa Putatgede

Desa Putatgede merupakan salah satu desa yang berada dilungkup kawasan di Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Propinsi Jawa Tengah. Desa ini merupakan wilayah dataran rendah dengan luas wilayah 148,59 Ha dan lokasinya berjarak + 4,5 Km dari Kota Kendal dengan jarak tempuh sekitar 10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Secara umum wilayah Desa Putatgede merupakan wilayah dataran rendah dengan topografi persawahan, sehingga sangat cocok untuk pengembangan kawasan pertanian. Secara administrative Desa Putatgede berbatasan dengan berbagai wilayah desa maupun kelurahan lainnya, antara lain sebelah utara berbatasan dengan Desa Bulugede Kecamatan Patebon dan Kelurahan Sukodono Kecamatan Kota Kendal, Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Dempelrejo, Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Banyuurip dan Desa Bojonggede, Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Bulugede dan Desa Bojonggede.

Desa Putatgede memiliki 7 RW dan 15 RT dan terbagi atas 3 dusun yaitu Dusun Putat Krajan, Putat Kulon dan Putat Siring. Dari hasil penghitungan jumlah penduduk tahun 2018, Desa ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.193 jiwa, dengan 744 Kepala Keluarga.

Kini dinamika perkembangan penduduk dan pembangunan masyarakat menunjukkan pertumbuhan yang positif. Hal tersebut dapat terlihat darii ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di desa ini.

Di Bidang Pendidikan, di Desa ini memiliki 3 sarana pendidikan, yang terdiri dari 1 Taman Kanak-kanak milik Desa, 1 Taman Pendidikan Al-Qur’an dan 1 Sekolah Dasar Negeri.

Dibidang Kesehatan Desa ini memiliki 5 sarana penunjang kesehatan, yang terdiri dari 4 Posyandu yaitu Posyandu Lestari I hingga Posyandu Lestari III serta 1 Polindes atau lebih dikenal Poliklinik Desa. Dari pos-pos kesehatan tersebut dipandu oleh 1 bidan desa dengan dibantu oleh kader-kader kesehatan lainnya, yang tersebar di masing-masing posyandu. Dan sarana kesehatan lainnya dimiliki masyarakat yaitu Bidan Praktek Swasta yang dikenal dengan nama klinik “Ardani Medika“.

Untuk bidang peribadatan, Desa ini memiliki 1 Masjid dan 17 Mushola yang tersebar di tiap-tiap RT.

Di bidang pertanian, Desa ini memiliki 1 Gapoktan dengan nama Gapoktan “Maju Jaya”, 2 kelompok tani yang terdiri dari Poktan “Margi Utomo” dan Poktan “Sri Rahayu”.

Dibidang sarana prasarana, Desa Putatgede sudah memiliki jalan kolektor dengan jenis jalan aspal dan puluhan jalan betonisasi yang beberapa tahun ini sebagian besar didanai dari Dana Desa. Sehingga jalan tersebut bisa nyaman dilalui kendaraan, untuk sarana tranportasi mengangkut hasil pertanian dan lalu litas warga itu sendiri. Selain itu desa ini telah memiliki jaringan listrik yang lancar dan serta tahun ini sedang dibangun untuk sarana air bersih milik desa yang dikenal oleh masyarakat dengan nama pamsimas.

Di pusat pemerintahan juga telah memiliki jaringan internet berkat bantuan dari Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kendal pada tahun 2012, sehingga dengan adanya jaringan internet ini oleh Kaur Perencanaan Desa selama kurun waktu tersebut hingga saat ini dijadikan sarana yang rutin untuk mengunggah berita-berita digital, baik melalui website Desa dan media sosial milik desa lainnya. Serta digunakan oleh sebagian besar pelajar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, oleh warga masyarakat lainnya, terlebih bagi anak-anak sebagai sarana bermain melalui fasilitas telephon genggam.

Untuk memenuhi pelayanan public, di kantor desa juga dilengkapi dengan 5 unit unit komputer dan 4 unit printer yang masing-masing dipegang oleh sekdes, kaur dan kasie. Yang masing-komputer tersebut juga tersambung oleh jaringan internet, dan dilengkapi dengan 1 unit wireless atau wifi sebagai sarana untuk memudahkan aparatur desanya dalam melayani masyarakat dan sebagai sumber komunikasi dan mendapatkan informasi-informasi terbaru lainnya.

Sedangkan sarana-prasarana lain berupa 3 makam umum yang tersebar dimasing-masing dusun, kemudian 2 lapangan olah raga yaitu lapangan voley dan lapangan sepakbola.

Karena Desa Putatgede didominasi 70% oleh persawahan, maka mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani, yang rata-rata terdiri dari tanaman padi dan palawija seperti kacang hijau, jagung dan berbagai aneka tanaman sayur mayur, walaupun dimusim-musim tertentu sebagian petani ada juga yang menanam tembakau.

Dengan dibantu sarana dibidang pertanian berupa 3 unit pompa air bertenaga diesel, kebutuhan air dapat dipasok untuk mengaliri areal persawahan seluar + 60 Ha dari 85 Ha luas sawah pertanian yang ada, dan lainnya dipasok dari saluran irigasi. 3 Unit pompa air tersebut sudah lebih dari 15 tahun menjadi andalan yang tak terpisahkan oleh mayoritas petani di 2 poktan tersebut.

Hingga saat ini seluruh perangkat desa selalu menjaga lingkungan sehingga asri, aman dan nyaman demi kemajuan Desa Putatgede kedepannya.


Dipost : 2019-08-25 12:06:13 | Dilihat : 701