Putatgede - Banjir di Putatgede Rendam Ratusan Rumah dan Seribu Warga Terdampak

Banjir di Putatgede Rendam Ratusan Rumah dan Seribu Warga Terdampak

Putatgede - Tak tanggung-tanggung Hujan Deras yang mengguyur hampir sepekan ini membuat beberapa sungai di Kabupaten Kendal meluap. Salah satunya Sungai Kendal, akibat luapannya, ratusan rumah terendam banjir. Puncak curah hujan semakin tinggi sejak Jum'at Malam (14/3/2024), menambah tingginya luapan sungai Penut yang melalui wilayah Desa Putatgede. Setidaknya ada 3 wilayah RT yang berada di 3 RW yang terimbas atau terdampak banjir, yaitu RT.02 RW.02, RT.02 RW.03 dan RT.02 RW.01. Banjir tertinggi di alami oleh wilayah RT.02 RW.03, bahwa genangan air sudah memasuki rumah-rumah penduduk setinggi lutut orang dewasa.

Namun demikian, dikabarkan tidak ada korban jiwa dan sejak dini warga sudah mulai mengungsi ke tempat sanak saudara sekitar yang aman dari banjir. Menurut keterangan salah satu perangkat desa Putatgede Bapak Solikhin, wilayahnya terdampak banjir karena sungai meluap akibat buangan air dari sungai kecil maupun dari luapan air sawah karena hujan. “Air masuk sejak kemarin pagi (Rabu, 13/3/2024) sekitar pukul 10.00 WIB, dan memang di wilayah tersebut sudah menjadi langganan banjir." Ujarnya.

Kepala Desa Putatgede, H. Parwuwanto, S.Sos. sejak menjelang Maghrib tiba telah menghimbau melalui Group WA untuk waspada serta berkoordinasi dengan aparatur desa dibawahnya untuk selalu waspada dan menginfokan berita terkini dampak banjir tersebut. Pemerintah Desa akan mengupayakan semaksimal mungkin memberikan bantuan walaupun tidak seberapa, namun harapannya banjir kali ini tidak sampai berlarut-larut.

Hingga pagi ini berita di turunkan banjir masih semakin merangkak naik, "Mari kita sama-sama menjaga lingkungan dan saling terus berkoordinasi." Himbau pak Lurah.

Para pemuda selalu waspada dengan memantau keadaan dengan sambil minum kopi dan bermain Handphone di muka gang jalan masing-masing wilayahnya. Serasa tanpa dikomando, mereka tanggap dan siap mengamankan wilayahnya.


Dipost : 14 Maret 2024 | Dilihat : 533

Share :

s