Putatgede - Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Kenapa sih kita perlu melakukan pengecekan saldo?

Melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan terkadang memang perlu dilakukan, agar kamu bisa bisa tahu seberapa banyak akumulasi dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang kamu punya di BPJS Ketenagakerajaan.

Terus gimana cara ngeceknya? Mudah nggak?

Tenang-tenang, Nggak perlu khawatir. Karena saat ini saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat diketahui pengguna dengan mudah dan dapat dilakukan dengan beragam cara, bisa offline ataupun online.

Untuk pengecekan saldo BPJS secaara offline tentu kamu harus datang ke kantor cabang BP Jamsostek. Datangnya ke kantor cabang yang dekat dengan kamu aja ya, supaya lebih mudah hehe…

Terus kalo udah sampai sana kamu bisa mendatangi petugas yang berada di bagian layanan pelanggan untuk meminta informasi saldo dan jangan lupa nunjukin identitas kamu berupa KTP dan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan ya, dan pastikan juga kamu datang pada hari dan jam kerja, supaya nggak kecewa.

Katanya kan tadi ada cara offline dan online, untuk cara yang online gimana?

Untuk pengecekan secara online kamu bisa lakukan melalui aplikasi BPJSTKU Mobile. Cara-caranya ada dibawah ini, perhatikan baik-baik ya!

  1. Download aplikasi JMO Jamsostek Mobile di hp kamu
  2. Masuk dengan memasukkan email dan kata sandi yang kamu punya
  3. Tapi kalo kamu belum punya akun, kamu harus klik “Buat Akun” dulu
  4. Setelah masuk ke dashboard akun, klik menu “Jaminan Hari Tua”
  5. Klik “Cek Saldo” untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan
  6. Sistem akan menampilkan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Aduh memori hp ku penuh, gak bisa ngecek secara online dong?

Tenang kalian juga bisa ngecek lewat website SSO BP Jamsostek kok, yuk simak baik-baik step by stepnya!

  1. Kunjungi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Masukkan alamat email dan kata sandi terdaftar, jika tidak terdaftar, klik “Buat Akun Baru”
  3. Kemudian klik “reCAPTCHA Saya bukan robot”
  4. Setelah login, untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan pilih menu “Lihat Saldo JHT”
  5. Maka akan muncul saldo terbaru BPJS Ketenagakerjaan

Terus kalo kalian masih terkendala dengan wifi dan kuota, kalian bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS

Prosedurnya ada dibawah ini,

  1. Mengirimkan SMS ke nomor 2757.
  2. Sebelumnya, kamu harus melakukan registrasi melalui SMS agar dapat melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengetikkan pesan dengan format: Daftar (spasi) SALDOE#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(jika ada) lalu kirim ke
  3. Setelah terdaftar, kamu bisa mengirimkan kembali pesan dalam format: SALDO (spasi) Nomor Peserta, kemudian dikirimkan ke 2757.
  4. Setelah itu akan ditampilkan saldo terbaru peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Gimana, sekarang udah tau kan cara ngecek saldo BPJS ketenagakerjaan?

Dengan cara-cara diatas kira-kira kalian bakal ngecek pake cara yang mana nih?


Dipost : 17 Juli 2022 | Dilihat : 2703

Share :