Putatgede - Dirjen PSP Kementerian Pertanian Laksanakan Tugas Pembantuan di Kendal

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Laksanakan Tugas Pembantuan di Kendal

Putatgede, Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) kepada beberapa desa di Kabupaten Kendal tahun Anggaran 2022 ini, melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kendal. Salah satunya yaitu Desa Putatgede Ngampel. RJIT dilakukan untuk meningkatkan indeks pertanaman dan menggenjot provitas pertanian para petani di daerah putatgede. Pada kegiatan kali ini secara bersamaan 19 Desa terdiri Kelompok Tani maupun Gapoktan, dengan sasaran penerima (Unit Pengelola Keuangan dan Kegiatan) UPKK Kelompok, yaitu :

1 UPKK Karya Makmur Desa Bulugede Kecamatan Patebon
2 UPKK Sido Arum Desa Donosari Kecamatan Patebon
3 UPKK Ngudi Mulyo Desa Kliris Kecamatan Boja
4 UPKK Ploso Desa Kaliayu Kecamatan Cepiring
5 UPKK Selayu Desa Gondang Kecamatan Cepiring
6 UPKK Sumber Rejeki Desa Margomulyo Kecamatan Pegandon
7 UPKK Seri Rahayu Desa Putatgede Kecamatan Ngampel
8 UPKK Sido Rukun Desa Ngerjo Kecamatan Ringinarum
9 UPKK Simo Makmur Desa Tejorejo Kecamatan Ringinarum
10 UPKK Sumber Rahayu Desa Sendangkulon Kecamatan Kangkung
11 UPKK Kebonadem Desa Kebonadem Kecamatan Brangsong
12 UPKK Werdi Sari Desa Sambungsari Kecamatan Weleri
13 UPKK Sari Mukti Desa Sidomukti Kecamatan Weleri
14 UPKK Limbangan Selatan Desa Karangdowo Kecamatan Weleri
15 UPKK Selumbu Desa Tlahap Kecamatan Gemuh
16 UPKK Ngudi Makmur Desa Jenarsari Kecamatan Gemuh
17 UPKK Silanggar Desa Lebosari Kecamatan Kangkung
18 UPKK Karya Tani Desa Sendangdawuhan Kecamatan Rowosari
19 UPKK Utama III Desa Tampingan Kecamatan Boja

RJIT ini bertujuan untuk memperbaiki jaringan irigasi yang rusak agar air mengalir maksimal ke lahan pertanian. Ketika lahan pertanian memperoleh cukup pengairan, hasil tani pun akan meningkat.  Harapannya, dengan dikerjakannya RJIT harus ada peningkatan produksi, karena (suplai) air mampu memenuhi kebutuhan lahan.

RJIT dapat meningkatkan lahan tanam sehingga bisa meningkatkan kuantitas komoditas di sektor pertanian. Hal ini karena RJIT tidak sebatas memperbaiki saluran irigasi saja.  Oleh sebab itu  luas sawah yang mendapatkan air dari saluran irigasi seperti parit atau selokan (sawah oncoran) akan bertambah. Aliran irigasi yang sampai ke lahan pertanian juga dimaksimalkan sehingga luas lahan tanam juga bisa bertambah. Imbasnya tentu pada peningkatan kuantitas produksi.

Kegiatan RJIT di Desa Putatgede Kecamatan Ngampel dilakukan oleh Kelompok Tani Sri Rahayu diketuai oleh Mukhson. Dilain pihak Kepala Desa Putatgede (H. Parwuwanto, S.Sos) optimis akan hasil yang diperoleh dari kegiatan RJIT di desanya. Menurut perhitungannya penambahan luas sawah yang memperoleh aliran air diperkirakan bisa mencapai 20 hektare (ha) dari yang sebelumnya hanya 5 ha.  Bertambahnya luas sawah yang teraliri air akan berdampak pada peningkatan indeks pertanaman. Jika sebelumnya petani hanya dapat menanam dua kali, kini petani dapat menanam tiga kali dalam setahun.  “Dampaknya tentu pada provitas yang juga meningkat. Jika sebelumnya provitas yang dihasilkan sebesar 5 ton, dengan RJIT, bisa meningkat menjadi 6 ton,” ujar H. Parwuwanto.

 


Dipost : 30 Juni 2022 | Dilihat : 557

Share :