Putatgede - Unik, Jangan Malu jadi Jomblo. Indonesia Merdeka Karena Bersatu bukan Berdua

Unik, Jangan Malu jadi Jomblo. Indonesia Merdeka Karena Bersatu bukan Berdua

Putatgede - Ulah para pemuda pemudi sekarang memang tak bisa ditebak, tak jarang banyak yang tak bisa diarahkan. Bahkan ada juga yang ulahnya membuat masyarakat sekitar bisa senyam-senyum sendiri. Bagimana tidak foto unggahan salah satu media sosial ada yang memposting kata-kata berkaitan dengan Hari Kemerdekaan dengan kondisi pribadinya sendiri.

Salah satunya adalah foto sebuah tempat duduk terbuat dari beton dicat dengan warna merah putih dan bertuliskan "Jangan Malu Jadi Jomblo, Indonesia Merdeka Karena Bersatu bukan Berdua". Memang tahun ini Negara Indonesia memasuki tahun 74 sejak dikumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Presiden Soekarno. Mengucapkan kata "Merdeka" tentu hal yang paling mudah. Namun, apa makna dari kata merdeka itu sendiri ?

Jika berpatokan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merdeka mempunyai tiga arti, yakni sebagai berikut:

1. Bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya), berdiri sendiri;

2. Tidak terkena atau lepas dari tuntutan;

3. Tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu, leluasa.

Sejarah Kemerdekaan Indonesia. Sejarah adalah salah satu mata pelajaran yang wajib untuk kita ketahui dan pelajari ilmunya. Salah satunya adalah sejarah Bangsa Indonesia. Negara yang terkenal dengan sejarahnya akan penjajahan dari negara asing itu ternyata memiliki masa lalu yang bisa dijadikan sebagai bahan ilmu pengetahuan.

Termasuk sejarah kemerdekaan Indonesia yang penuh dengan pro ataupun kontra yang menyimpan banyak sekali tragedi dan perjuangan. Untuk itu dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan sejarah singkat kemerdekaan indonesia yang bisa digunakan untuk menambah ilmu pengetahuan kita.

Yang mungkin akan bermanfaat sebagai acuan para masyarakat Indonesia, khususnya para generasi bangsa yang wajib untuk meneruskan perjuangan para pahlawan Indonesia yang telah dahulu gugur di medan perang.

Kemerdekaan indonesia memang dikenal sebagai salah satu tragedi kebangsaan yang sangat membutuhkan perjuangan. Makna dan artinya sangat besar bagi masyarakat Indonesia dengan banyak mengorbankan para pahlawan yang ikut berjuang.

Dengan mengingat kejadian sejarah tersebut, rasa nasionalisme kita terhadap Bangsa Indonesia akan semakin bertambah. Banyak sekali peristiwa-peristiwa yang melatarbelakangi sejarah kemerdekaan Indonesia.

Misalnya saja peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia, peristiwa G30/S/PKI, peristiwa Rengasdengklok, dan masih banyak peristiwa-peristiwa lainnya. Untuk itu dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan beberapa sejarah dan peristiwa kemerdekaan Indonesia.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai sejarah singkat sebelum kemerdekaan Indonesia dengan beberapa penderitaan yang dialaminya. Perjuangan Bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan harus melalui beberapa penjajahan oleh bangsa asing.

Setidaknya dalam kisaran waktu tahun 1945-1955 bangsa Indonesia mencapai puncak perjuangan kemerdekaannya. Sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia diawali dengan penjajahan oleh Bangsa Portugis. Setelah keberhasilan bangsa tersebut dalam menjajah Indonesia, membuat beberapa pihak bangsa Eropa lainnya ikut terdorong untuk menjajah Indonesia dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Setelah berjuang melawan penjajahan kedua bangsa tersebut, selanjutnya tiba pada perjuangan untuk melawan penjajahan bangsa Belanda. Pada tahun 1602 Belanda berhasil mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) dengan tujuan untuk menguasai pasar rempah-rempah Indonesia.

Belanda berhasil menjajah Indonesia sekitar 3,5 tahun. Kemudian datanglah Bangsa Jepang untuk menggantikan penjajahan Bangsa Belanda dengan sebuah perjanjian Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang.

Pada mulanya, kedatangan mereka mendapat sambutan baik dari warga Indonesia, namun kenyataannya mereka memperlakukan Indonesia sama halnya dengan Belanda.

Perjuangan kemerdekaan Indonesia sampai pada terbentuknya BPUPKI oleh Jepang. Badan tersebut dibentuk dengan tujuan untuk mempersiapkan usaha-usaha dalam rangka  untuk meraih kemerdekaan negara Indonesia. Namun tak lama, badan tersebut digantikan oleh PPKI sebagai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia tentunya tidak diperoleh dengan cara yang mudah. Banyak peristiwa-peristiwa penting yang menjadi sejarah kemerdekaan Indonesia. Dengan kata lain, mungkin kemerdekaan Indonesia tidak akan tercapai apabila beberapa peristiwa tersebut tidak terjadi. Berikut beberapa peristiwa-peristiwa penting yang terjadi hingga terjadinya kemerdekaan Indonesia.

  1. Penyerahan Jepang terhadap Sekutu
  2. Peristiwa Rengasdengklok
  3. Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan
  4. Teks Proklamasi Kemerdekaan
  5. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan.

Itulah beberapa informasi sejarah singkat kemerdekaan Indonesia yang akan menjadi bahan ilmu pengetahuan bagi rakyat Indonesia. Hal ini diharapkan dapat menjadi acuan ingatan para generasi muda untuk terus meneruskan perjuangan para pahlawan demi mengingat betapa kuat dan gigih perjuangan mereka dalam memerdekakan Indonesia.

Semoga informasi-informasi tersebut dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan kita dan menambah wawasan akan kecintaan kita terhadap Bangsa Indonesia.

Dengan mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia, tentunya rasa nasionalisme akan semakin bertambah. Selain itu dengan mengingat perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia, kita juga akan semakin semangat untuk berjuang pada masa sekarang ini.


Dipost : 17 Agustus 2019 | Dilihat : 4042

Share :